You are here: Home » Bisnis Modal Kecil » Bisnis yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bisnis yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Melihat beberapa orang di sekitar kita yang memiliki usaha kecil, maupun menengah, terkadang memang bisa membuat kita iri, namun tentunya iri dalam atian positif bahwa ingin melakukan hal yang sama seperti yang banyak orang lain lakukan yakni memiliki usaha kecil sendiri baik di rumah maupun di luar rumah.

Minat tentu besar, namun kita sering terganjal masalah modal yang membuat kita sulit untuk bergerak. Namun jangan khawatir, karena untuk membuka usah tidak harus selalu bermodal besar, modal kecil pun bisa kita andalkan untuk membuat usaha-usaha sederhana seperti di bawah ini.

Usaha warung / gerobak gorengan

Makanan seperti macam-macam gorengan misalnya, tempe goreng, mendoan, tahu sisi mie yang digoreng, pastel, dan peyek/ keripik kacang, tentu bukanlah makanan yag berbahan baku mahal dan ribet cara membuatnya. Makanan-makanan tersebut cukup mudah untuk dibuat dan dipasarkan. Bayangkan saja, hampir setiap hari banyak orang mencari lauk pauk di warung-warung ketika mereka tidak sempat atau malas untuk membuat lauk sendiri.

Usaha warung gorengan, baik lewat usaha warung rumahan maupun gorengan gerobakan tentu memiliki pangsa pasar yang cukup jelas. Usaha ini pun bisa kita mulai dengan modal cukup rendah, yakni sekitar di bawah 2 jutaan. Hanya saja kendalanya mungkin kita kurang berminat dengan usaha jenis ini lantaran, enggan atau masih malu-malu untuk memulainya.

Lihatlah di sekitar kita, dan sadarilah bahwa uang akan mudah datang bila kita memang berusaha keras untuk mendapatkannya. Dan lewat usaha gorengan, kita bisa belajar berbisnis atau membuka usaha dari tingkatan yang paling rendah dulu.

Usaha angkringan nasi kucing

Angkringan merupakan usaha yang saat ini sedang menjamur dan diincar oleh banyak orang di berbagai daerah, terlebih untuk lokasi-lokasi strategis di perkotaan, pasti akan sangat banyak pengincarnya. Namun, jangan keburu menganggap bahwa usaha ini sudah terlalu padat pesaing.

Karena sebenarnya masih banyak pula tempat yang bisa kita jadikan rujukan untuk membuka usaha ini, misal dekat kampus, di areal yang banyak kos-kosan, serta di dekat banyak komunitas seperti komunitas motor maupun komunitas lain berkumpul. Modal untuk usaha ini pun cukup rendah, yang pasti tidak sampai 5 juta untuk membuat gerobak sederhana dan persiapan bahan bakunya. Tergantung keliahaian kita dalam membaca situasi serta peluang dari momen-momen keramaian di malam hari.

Warung kopi lesehan

Bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil lainnya adalah warung kopi lesehan. Ini bukan omong kosong belaka, karena saya pun melihat sendiri saat berkunjung ke kota Malang, di mana banyak anak mahasiswa yang suka nongkrong di warung kopi lesehan di areal dekat kampus. Tempatnya sederhana, namun pengunjungnya cukup membanjiri warung kopi lesehan tersebut.

Namun uniknya, sang penjual kopi nampak sangat sederhana persiapannya untuk membuka warung kopi lesehan tersebet. Hanya bermodal tikar, dan meja kecil untuk perlengkapan membuta kopi, penjual kopi lesehan pun sudah siap melayani para pengunjung yang suka ngopi dan nongkrong hingga larut malam. Ini pun bisa kita tiru, bila memang modal yang kita miliki cukup terbatas.


Comments are closed.